Cara tambah kolom gadget tanpa kode html

Terkadang,bagi beberapa blogger pemula pasti akan dibuat binggung saat ingin menambahkan gadget atau widget pada blog tetapi kolom yang akan digunakan tidak tersedia di menu tata letak.
Tambah gadget

Ketika kalian cari tahu di beberapa situs yang mungkin menjelaskan tutorial yang sama dengan apa yang saya tulis pada artikel ini kebanyakan diantaranya selalu harus menyertakan script code untuk kalian masukan pada bagian laman kode html supaya kalian bisa memasang widget di bagian yang kalian inginkan pada menu tata letak.

Seperti yang kalian lihat pada gambar di atas,ketika saya ingin menambahkan gadget di bagian bawah header tetapi kolomnya sudah tidak mencukupi karena pada pengaturan bawaan template hanya menyediakan 2 kolom saja. Hal tersebut tidak menghentikan niat saya untuk bisa memasang gadget di bagian tersebut,eksperimenpun dimulai dengan mempelajari kode HTML secara berulang-ulang sampai akhirnya menemukan cara untuk menambah jumlah kolom pada menu tata letak seperti yang saya inginkan.

Cara ini dibilang cukup mudah karena kalian tidak perlu menambahkan kode script apapun pada laman edit html,jika kalian juga ingin melakukannya silahkan ikuti langkahnya seperti berikut ini. Langkah pertama adalah kalian harus log in ke akun blogger kalian masing-masing selanjutnya pilih menu tema atau template kemudian pilih edit html, silahkan kalian cari kode html seperti pada gambar di bawah ini
Gadget blog
Kode html di atas adalah kode yang saya gunakan sebagai contoh apabila kolom yang ingin kalian tambahkan berada di bagian bawah header (Cross column),silahkan ganti kode angka (2) pada tulisan maxwidget='2' menjadi angka 3 jika kalian ingin menambah jumlah kolom atau 1 jika ingin menguranginya. Setelah selesai selanjutnya klik simpan dan lihat hasilnya pada menu tata letak.
Kolom gadget
Tulisan Tambahkan Gadget akhirnya muncul pada bagian yang saya inginkan dan sayapun bisa menempatkan widget baru di bagian tersebut. Jadi...buat kalian yang mengalami hal yang sama seperti saya,kalian bisa mencoba cara seperti yang sudah saya praktekan. Adapun untuk posisinya bisa kalian pilih dan cari kolom mana yang ingin kalian tambahkan apakah pada bagian cross column,sidebar atau mungkin di bagian footer. Hanya saja cara ini tidak bisa diterapkan pada bagian navigasi bar dan header.
Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar