Cara atasi widget blog tidak dapat dihapus

Bagi para pemula yang bisa dibilang baru berkecimpung di dunia blogging pasti akan selalu menemukan kendala dalam mengelola blognya,entah itu error ataupun yang lainnya. Tentu hal tersebut adalah suatu kewajaran menginggat pengetahuan tentang dunia blogging belumlah cukup banyak diketahui.

Justru seharusnya kalian bersyukur karena dengan adanya kendala seperti inilah kalian bisa mendapatkan pengalaman baru sehingga kalian bisa terus menambah wawasan dalam mengelola serta mengembangkan blog yang kalian miliki.

Seperti pengalaman saya beberapa waktu yang lalu ketika megalami suatu kendala dimana widget blog tidak bisa dihapus karena memang tombol hapusnya tidak ada.

saya coba cari tau kenapa widget tersebut tidak bisa dihapus? Setelah di ingat-ingat kalau sebelumnya saya pernah mengganti templete blog dan ternyata widget tersebut adalah bawaan dari template yang saya gunakan. Karena alasan untuk menghemat ruang jadi saya coba hilangkan beberapa widget bawaan tersebut,yang penting tidak melanggar hak cipta oke. 

So...kalau kalian mengalami kendala yang sama dengan saya,maka cara mengatasinya adalah sebagai berikut :

Pertama silahkan log in dulu,selanjutnya pilih menu template atau tema kemudian klik edit html. Setelah terbuka,silahkan cari kode widget yang akan kalian hapus atau seperti contoh gambar di bawah ini
Widget,gadget
Saya ilustrasikan kalau widget yang akan dihapus adalah widget Navigation bar (Navbar),pada gambar di atas bisa kalian lihat ada tanda panah yang menunjuk pada tulisan locked='true' silahkan kalian ganti tulisan 'true' tersebut menjadi 'false' kemudian klik simpan. Sekarang buka menu tata letak selanjutnya buka widget yang akang dihapus,tombol hapusnya pasti akan muncul dan anda bisa menghapus widget tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar